Minggu, 07 April 2013

DIY: do be dam Training Pant

Si kecil sedang toilet learning kah mom? Mungkin sudah waktunya dia mulai beralih ke training pant. Kali ini kita bahas cara membuat dobedam training pant untuk buah hati tersayang. Warna orange lagi... nggak apa-apa ya, karena ini pakai kain sisa dari dobedam pocket.


Bahan yang di perlukan:
  • Kain water repellent untuk outer, aku pakai polyester
  • Kain untuk inner boleh yang bersifat stay dry atau pakai kain katun untuk mendapat sensasi basah
  • Elastic lebar 1 cm (untuk paha)
  • Elastic lebar 1 inci (untuk pinggang)
Berikut pola dari dobedam training pant ukuran XL. Pola ini adalah pola jadi yang belum ditambah kampuh untuk jahitan.





 Proses pembuatan dobedam training pant:

  1. Potong kain untuk inner dan outer sesuai pola.
  2. Pasang elastik 1 cm, pada inner dari a-b sesuai pola.
  3. Jahit gabung inner dan outer, pasang elastik 1 cm pada paha mengikuti garis putus-putus.
  4. Pasang elastic 1 inci untuk pinggang mengikuti garis putus-putus.
  5. Balikkan kain sehingga jahitan berada didalam, lalu jahit untuk membentuk elastic mengikuti garis putus-putus.
  6. Sambung bagian samping belakang dan depan.


Punyaku bagian innernya nggak pakai elastik, he he he jadi malu.... ketahuan malasnya. Karena aku bikinnya di jahit tangan mom .....(mohon maklum ya) ^_^. Untuk panjang elastik  disesuaikan dengan postur tubuh si kecil, agar ukurannya bisa pas.


Untuk elastic pada paha aku nggak pasang full, karena idam termasuk chubby jadi pahanya tidak terlalu ketat. Selain itu sesuai misi dobedam training pant yaitu belajar ke toilet sendiri, maka celana ini harus mudah "dipelorotkan dan dinaikkan" sendiri.

Selamat mencoba mom, semoga si kecil segera lulus toilet training ya.... Salam sayang untuk sang buah hati ^_^.

14 komentar:

  1. Balasan
    1. jika ada yang bisa aku bantu, silahkan bertanya... ^_^

      Hapus
  2. mba, beli kain untuk PULL, microfiber dkk dimana ya? di hippie baby shop lagi abis mba..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Microfiber bisa pakai yang multipurpose biasanya banyak dijual di toko swalayan, kalau PUL aku tahunya di hippie
      Hayooo teman2 siapa yang tahu dimana beli bahan clodi sharing yuuuk ^_^

      Hapus
  3. mba, kalau mau beli bahan bahan untuk membuat clodi sendiri bagaimana ya mba?

    di hippie baby shop, sedang abis, terima kasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahuku di hippie baby mbak ^_^,
      teman teman yang punya info tempat yang jual bahan clodi tolong share ya...
      terima kasih

      Hapus
  4. Nice info nih... sayangnya aku ga punya mesin jahit,.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini aku bikinnya jahit tangan lo.... ^_^

      Hapus
  5. ibu ini sangat kreatif menyulap kain sisa menjadi celana training

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang faktor kepepet bisa meningkatkan kreatifitas. Terima kasih sudah mampir :D

      Hapus
  6. Balasan
    1. Saya beli di toko yang jual bahan untuk jaket, kalau di bandung di Jl. Otista.

      Hapus
  7. Mba maaf toko bahan jaket nya disbelah mana otista ya? Soale klo lwt sana banyak toko kain. Trima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari arah pasar baru kanan jalan, harus menyusuri trotoar karena tertutup oleh pedagang kakilima. Tokonya selain jualan bahan jaket juga jualan benang dan alat jahit. Kalau nomer berapanya saya lupa, tks.

      Hapus

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
aku seorang istri dan ibu dari 2 cowok,seneng berteman, dan punya cukup selera humor. Hobby bgt ngulik apa aja yang bermanfaat dan bikin happy. Siapa tahu petualanganku dirumah ini bisa jadi inspirasi...
Diberdayakan oleh Blogger.
 

ilutju........ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea