Jumat, 28 Maret 2014

DIY: Chef Jacket T-Shirt

Bermula ketika anakku yang kecil ingin pentas menyanyikan lagunya trio ubur-ubur yang berjudul Munaroh. Haduh malunya..... dikira aku doyan nonton sinetron, apalagi melihat reaksi teman sekelasnya yang cekikikan sambil menutup mulut. Untung bu gurunya bersedia memodifikasi cerita, dan menjadikan Idam sebagai chef.

Rencananya aku mau bikin jaket chef buat dia, tapi karena mesin jahitku opname tak kunjung sembuh akhirnya aku cari alternatif lain. Aku bongkar lemari Idam, kutemukan t-shirt  putih polos. Semula aku akan pasang kancing besar, tapi kupikir jika kancing itu hanya berupa gambar lucu kali ya.... Lalu aku coba buat sketsa diatas kaos, beneran lucu. Lalu aku bongkar rak mencari spidol untuk tekstil. 


Dengan penuh semangat aku warnai, dan hasilnya lucu banget. Jauh melebihi harapanku, percaya atau tidak The Power Of Kepepet benar-benar membuatku jadi lebih kreatif ^_^. 

Alat dan bahan:
  • T-Shirt putih
  • Spidol untuk tekstil aku pake merk GIOTTO
  • Pensil
  • Penggaris
  • Karton untuk alas agar spidol tidak tembus belakang, bisa diganti papan ataupun kertas


T-Shirt harus sudah dicuci untuk menghilangkan zat kimia yang mungkin akan mengurangi daya serap tinta. Cuci tanpa pewangi ataupun pelembut, seperti mencuci clodi ataupun menspad. Setelah kering t shirt siap untuk digambari.

Buat sketsa menggunakan pensil, lalu warnai dengan spidol tekstil/fabric marker. Pertama buat outlinenya, dilanjutkan warna paling muda berlanjut ke warna lebih tua. Pada syalnya untuk mendapat "gradasi merah", pertama aku arsir seluruh syal dengan warna merah. Baru untuk mendapatkan warna merah lebih muda, aku timpa dengan warna orange. Sebenarnya warna orange spidolku muda banget bisa dilihat pada logo masterchef (idam ngotot harus ada logo masterchef dan detil kerah baju he he)


Setelah selesai mewarnai semua detilnya, jemur t-shirt sampai tintanya kering. Setelah kering balik sehingga bagian bergambar ada di dalam. alasi dengan kertas putih lalu setrika bagian sisi dalam gambar dengan suhu tidak terlalu panas (atur sesuai rekomendasi sertika anda untuk bahan katun).


Kemudian balik sehingga gambar ada di luar, lalu setrika seluruh t-shirt dengan suhu sedang (stel untuk katun).



Aku membuat gambar ini dalam waktu sekitar 2 - 3 jam, dan dobedam chef jacket t-shirt siap dipakai. Semoga bisa memberi ide, sharing ya kalau sudah mencoba...^_^.


6 komentar:

  1. Balasan
    1. Dulu aku beli di lottemart mbak Tanti Amelia, wah nama kita mirip ya he he..

      Hapus
  2. Seperti biasa kepepet malah kreatif. Waktu masih lama, males buatnya. Koyok PR karo ujian jaman kuliah, selalu kebut semalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk bener banget.... serasa diingatkan :D, SKS lagi yuuk

      Hapus

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
aku seorang istri dan ibu dari 2 cowok,seneng berteman, dan punya cukup selera humor. Hobby bgt ngulik apa aja yang bermanfaat dan bikin happy. Siapa tahu petualanganku dirumah ini bisa jadi inspirasi...
Diberdayakan oleh Blogger.
 

ilutju........ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea