Selasa, 05 Februari 2013

Bagaimana agar balita bisa memegang pensil dengan benar

Kenapa sih Pencil skills itu penting? Karena kemampuan mengontrol alat tulis bukan hanya berpengaruh pada kemampuan menulisnya mom, tapi juga pada kemampuan menggambar, mewarnai dan menjiplak bentuk. Genggaman pensil yang nyaman akan membantu persendian dapat bergerak normal sehingga si kecil tidak mudah capek saat menulis.

Posisi memegang pensil yang benar adalah pensil dipegang antara ibu jari dan jari telunjuk, dengan pensil bertumpu pada jari tengah atau biasa disebut tripod grasp. Si kecil kami Idam seperti umumnya anak usia 3,5 tahun, kemampuan memegang alat tulisnya pada tahap modified tripod grasp seperti pada gb. 1. Untuk membantu mendapat posisi dynamic tripod grasp saya pasang pencil grip pada pensilnya seperti pada gb. 2. 


Untuk membantu mendapat posisi genggam pensil yang benar, kita bisa gunakan pencil grip . Ada banyak jenis pencil grip yang bisa kita pilih, sayangnya pencil grip belum banyak dijual ditoko, tapi jangan khawatir, kita bisa buat sendiri mom.... cara bikinnya di posting berikutnya ya.....^_^


Agar bisa memegang pensil dengan baik, anak harus sudah bisa menjumput (memegang benda dengan telunjuk dan ibu jari). kita bisa melatihnya dengan bermain jumput benda kecil misalnya kacang hijau, memasukkan koin pada celengan, meremas spons cuci piring juga baik untuk melatih kekuatan jarinya lho mom... Siap untuk mengajari si kecil? Pasti dooong...  jangan lupa sharing ya mom...  aku seneng banget kalo mom mau berbagi pengalaman denganku.....^_^


 

5 komentar:

  1. Sobat, kunjungan balik dari ELTELU -:[SEMAR BINGUNG'S WEBLOG]:-

    Saya sampaikan terimakasih atas kunjungan serta berkenannya mengeposkan komentar di blog saya, dan tidak lupa saya sampaikan pula salam kenal serta salam berbagi. :)

    Oh ya, btw artikelnya sangat bermanfaat, terutama bagi saya yang saat ini memiliki anak balita.

    BalasHapus
  2. alia bundanya 'azzam7 Mei 2013 pukul 06.18

    wahhh, bener juga mba'
    setelah saya perhatikan murid saya yg tulisannya lebih"nyeni" drpd cakar ayam, ternyata emang cara pegang alat tulisnya salah.
    Hmm, andai smua orangtua mengajarkan hal ini pada anak balitanya, mungkin bisa mengurangi kejang mata guru2nya...
    ###pusssinggg liat tulisan murid yg kriting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sepertinya murid2 bisa diajak bikin pencil grip tuh, biar bisa pegang pensil dengan benar he he he. Pakai karet gelang juga bisa lho ^_^

      Hapus
  3. salam kenal mbaa., suka isi blognyaa banyak info menarik deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika ada manfaat yang bisa diambil..., salam kenal kembali ^_^

      Hapus

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
aku seorang istri dan ibu dari 2 cowok,seneng berteman, dan punya cukup selera humor. Hobby bgt ngulik apa aja yang bermanfaat dan bikin happy. Siapa tahu petualanganku dirumah ini bisa jadi inspirasi...
Diberdayakan oleh Blogger.
 

ilutju........ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea