Minggu, 07 April 2013

Dobedam Belajar Membaca part 2

Sebenarnya bagus nggak sih mengajari balita membaca? Ada yang berpendapat jangan memaksa belajar membaca terlalu dini. Ada juga yang mengatakan semakin awal anak bisa membaca dia akan lebih mencintai buku. Kalau menurut anda bagaimana mom?




Kalau menurutku untuk balita lebih baik kita kembangkan motorik kasar, motorik halus dan kreatifitas. Jika anak sudah tertarik pada buku, kita boleh mulai mengajarinya membaca. Kita bisa mengajaknya bermain sambil belajar. Saat ini aku sudah mulai memperkenalkan suku kata, tapi hanya sebatas jika dia tertarik. Selebihnya aku hanya membacakan buku, memintanya untuk menyimak, dan di akhir cerita aku ajukan beberapa pertanyaan. Jadi lebih ke belajar "memahami" isi cerita.

Untuk latihan membaca, aku cetak lembar latihan di bawah ini, lalu memasangnya dalam map plastik transparan yang aku tempel di dinding. Dengan menyimpannya dalam map plastik, kita bisa ganti materi sesuai kebutuhan, sekalian bisa untuk belajar menulis menjiplak huruf menggunakan spidol white board, kalau sudah selesai tinggal dihapus.... hemat ^_^.
  • Untuk download a i u e o sampai ha hi hu he ho klik di sini
  • Untuk download ja ji ju je jo sampai qa qi qu qe qo klik di sini
  • Untuk download ra ri ru re ro sampai za zi zu ze zo klik di sini
Ada situs favorit dobedam yang recommended banget buat belajar membaca, yaitu  starfall. Di sini anak bisa belajar warna, bentuk, mengeja, berhitung dll. Asyiknya yang gratis pun banyak banget, tapi kalau ingin semua bisa dimainkan memang harus berbayar. Buat dobedam cukup yang gratisnya saja deh...^_^. Dari starfall lah idam mendapat inspirasi untuk menyayikan huruf dan suku kata. Sepertinya metode yang digunakan mirip dengan metode montessori....

Aku sudah berusaha mencari kata dan gambar yang cocok, tapi masih saja ada kata yang tidak bisa aku temukan misalnya kata yang berawalan huruf x dan q. Di tunggu masukannya ya, jika anda punya contoh kata yang lebih mudah di mengerti oleh si kecil...

Salam sayang untuk si kecil mom...^_^










.

4 komentar:

  1. Fenny sudah praktekan lhoo tips mbak Emil yang A I U E O, Al suka lihat mommy-nya nyanyiin huruf-huruf vokal ituuh

    Usul
    X = Xerox
    Q = ??? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas masukannya, nanti kalau sudah ngumpul semua contoh kata huruf x dan q, akan aku revisi lagi ^_^...
      Kapan2 Al bisa belajar kelompok sama Idam niiih biar rame he he he...

      Hapus

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
aku seorang istri dan ibu dari 2 cowok,seneng berteman, dan punya cukup selera humor. Hobby bgt ngulik apa aja yang bermanfaat dan bikin happy. Siapa tahu petualanganku dirumah ini bisa jadi inspirasi...
Diberdayakan oleh Blogger.
 

ilutju........ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea