Jumat, 08 Maret 2013

DIY: do be dam pull up pant

Kali ini saya akan share cara membuat dobedam pull up pant. Jika bayi yang sudah mulai tengkurap ataupun merangkak, kita sudah agak kesulitan memasangkan popoknya. Biasanya bayi tidak mau diam, di saat seperti ini pull up pant akan sangat membantu.
  
dobedam pull up pant menggunakan PUL sebagai lapisan waterproofnya.

Bahan yang diperlukan
  • PUL
  • Kain untuk outer (boleh pakai atau tidak, tergantung selera)
  • Microfleece
  • Elastic lebar 1 cm (untuk paha)
  • Elastic lebar 1 inci (untuk pinggang)
  • Kancing
Berikut ini pola dari dobedam pull up pant. Ini adalah pola jadi / pola bersih yang belum ditambah kampuh untuk jahitan.



Untuk mempermudah pemahaman terhadap instruksi proses pembuatan, silahkan melihat foto inside dobedam pull up pant di bawah ini.


 Proses pembuatan
  • Potong kain untuk outer dan PUL sesuai pola yang berwarna coklat.
  • Potong Microfleece mengikuti pola yang berwarna kuning dan biru.
  • Pasang elastic lebar 1 cm pada microfleece (pola biru), yang berfungsi sebagai gusset.
  • Jahit gabung outer, PUL dan microfleece.
  • Jahit tindas mengikuti garis putus - putus pada pola, untuk memasangkan elastic.
  • Gunting sedikit pada microfleece untuk memasang elastic. Saya sengaja menggunting microfleecenya untuk memasang elastic, untuk memudahkan penggantian apabila elastic mulai longgar.
  • Terakhir buat lubang kancing dan pasangkan kancing mengikuti posisi pada pola.

Berikut ini foto dobedam pull up pant tampak depan (atas) dan tampak dari belakang (bawah)
 




Berikut ini  dobedam pull up pant dengan flat nappy sebagai insert. Jika ingin daya tampung yang lebih maksimal bisa pakai microfiber, hemp, ataupun serat bambu dengan lapisan "stay dry" pada bagian paling atas / yang bersentuhan langsung dengan kulit.

Selamat mencoba...^_^
 


10 komentar:

  1. wah coba kalau blog ini saya ketemukan 2 tahun yang lalu, enggak habis deh banyak dana buat beli pampers untuk si kecil. Bermanfaat Mbak, cuma bagi yang belum faham istilah, lebih baik diberi keterangan Mbak. Seperti saya yang gak ngerti apa itu PUL. Tapi blognya cantik..., dan sesuai dengan namanya, lutju :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 tahun lalu aku sudah bikin popok ini tapi ngeblognya baru mulai belajar 2 bulan yang lalu.. he he he
      PUL itu kain yang dilaminasi dengan polyurethane sehingga bersifat waterproof tapi masih berpori shg kulit bisa "bernafas". Terima kasih atas masukannya..., akan aku lengkapi agar lebih mudah dimengerti ^_^

      Hapus
  2. Balasan
    1. Saya masih dalam proses produksi, jika berminat silahkan like fanpage "Dobedam" agar jika nanti ada yang sudah selesai produksi bisa dilihat di FP. Terima kasih ^_^

      Hapus
  3. apa di toko kain ada yg jual PUL mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ini aku coba cari di toko kain belum dapat, biasanya aku beli di OL shop Hippie Baby...^_^

      Hapus
  4. naksir blog dan clodinya mbaaaa

    BalasHapus
  5. Posting cara bikin menspad jg donk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dipostingan ini http://ilutju.blogspot.com/2013/07/diy-dobedam-reusable-menstrual-pads.html, kompit sama polanya :)

      Hapus

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
aku seorang istri dan ibu dari 2 cowok,seneng berteman, dan punya cukup selera humor. Hobby bgt ngulik apa aja yang bermanfaat dan bikin happy. Siapa tahu petualanganku dirumah ini bisa jadi inspirasi...
Diberdayakan oleh Blogger.
 

ilutju........ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea