Sabtu, 16 Maret 2013

Dobedam Belajar Membaca

Dobedamku sedang giat belajar membaca nih mom...., ini ada metode ala Idam yang lumayan smart menurutku. Idam punya kebiasaan melagukan apa saja, sampai marah juga pakai lagu (pikir pikir kok seperti bang Saipul Jamil semua dinyanyiin he he he).

Aku buatkan huruf huruf vokal bergambar seperti berikut ini. A untuk apel, i untuk ikan, u untuk ular, e untuk ember, dan o untuk orang utan. Di print pada kertas HVS ukuran A4.



Aku pasang map plastik transparan di tembok, lalu kertas betuliskan huruf vokal aku masukkan ke dalamnya. Kemudian insinyur dobedam menemukan metode membaca dengan lagu seperti berikut ini. Dia suka memberi gelar untuk setiap orang di rumah, misalnya kondektur ibu, masinis bapak dan astronot Iyas

Kejutan banget buat aku dengan menyanyi dia cepat hafal hurufnya, seneng banget punya anak kreatif........^_^



Hi hi hi jadi malu temboknya berantakan. Ini adalah "kanvas" untuk lukisan idam belum sempat di cat lagi. Sekarang sih dia sudah nggak suka "melukis" di tembok lagi, makanya kertas manilanya aku buka (dulu semua dinding yang dapat dia jangkau, aku tutup pakai kertas manila putih).
Balik lagi ke belajar membaca....Setelah si kecil bisa menghubungkan huruf dengan bendanya, mom bisa cari variasinya. Biasanya aku ikutin cara dia menyayi misalnya: ayam ayam ayam ayam... ayam ayam ayam ayam (dia akan menjawab a a a a a). Demikian seterusnya sampai dia bisa menebak  huruf  vokal, pada awal kata yang mom sebut.

Selamat mencoba ....


21 komentar:

  1. Waaaa....mba,menarik sangat :-)

    BalasHapus
  2. terimakasih mbak, bisa buat referensi ngajarin si kecil nanti. :-)

    www.hidaazzam.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini sangat efektif buat belajar membaca dan mengeja. Karena pengalaman kakaknya dulu pakai langsung ba bi bu be bo, pas mengeja suka bingung :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. coba test kotak komen ah..

      Hapus
    2. Alhamdulillah.. lancar jaya hehehe..

      salam kenal bu Emeylia :)

      Hapus
  4. makasih mbak sangat inspiratif..:-)

    BalasHapus
  5. @Tri [Hida Azzam]
    Terima kasih kunjungannya semoga bermanfaat..^_^

    BalasHapus
  6. ih keren begitu, ngakunya pemula, kite2 nih yang pemula hehehe, belum salam dah nyerocos,
    salaam Buk, baru bisa dibuka nih..., tapi itu videonya gak bisa ditonton :(
    btw dobedam nama si Idam?

    saya di celoteh santun yuk di www.celotehniniemoenir.blogspot.com
    mampirlah jika sempat ya, salaam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Videonya td kebuka ya, padahal aku cek bisa...maaf atas ketidaknyamanannya. Dobedam itu nama kesayangan idam (dooh musti be idam. Terima kasih atas kunjungannya ^_^

      Hapus
  7. Hi mba, memang lagu mampu menghantarkan anak untuk menghafal sesuatu ya? salam kenal, dulu aku sudah mampir, tapi kok gak bisa ngomen...sekarang sudah bisa ya, ilutju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi juga mbak...
      Kalau buat idam efektif banget mengajarkan sesuatu dengan nyanyian, apalagi tentang huruf ini dia yang punya ide menyayikannya...^_^, terima kasih...

      Hapus

Popular Posts

Mengenai Saya

Foto saya
aku seorang istri dan ibu dari 2 cowok,seneng berteman, dan punya cukup selera humor. Hobby bgt ngulik apa aja yang bermanfaat dan bikin happy. Siapa tahu petualanganku dirumah ini bisa jadi inspirasi...
Diberdayakan oleh Blogger.
 

ilutju........ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea